Tips & Trick Merawat Kulit

Apakah Minyak Esensial Bermanfaat Untuk Bekas Jerawat dan Stretch Mark?

apakah minyak esensial bermanfaat laite skincare

 

Apakah minyak esensial/bio oil dapat membantu mengatasi bekas jerawat dan stretch mark? Karena banyak sekali produk-produk lokal maupun luar yang mengklaim dapat menghilangkan acne scar dan stretch mark. Lalu apakah benar?

Jawabannya adalah tidak. Acne scar yang ditandai hanya oleh perubahan warna dapat berupa PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation) dan PIE (Post Inflammatory Erythema). Kedua jenis acne scar ini akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan waktu bila pigmentasinya tidak terlalu hebat. Acne scar yang menyebabkan jaringan parut karena perubahan bentuk dari kulit dapat dibagi menajdi ice pick scar, atropic scar, rolling scar, traffic scar, boxer scar, dan sebagainya. Acne scar ini terjadi akibat proses inflamasi di kulit bagian dalam pada lapisan reticular dan papilari dermis. Minyak esensial/bio oil akan sulit mencapai daerah ini karena sudah terlalu dalam.

hati=-hati menggunakan bio oil laite skincare

Jadi apakah minyak esensial dapat membantu? Tidak sama skeali malah dapat membuat kondisi semakin memburuk. Karena beberapa aktif bahan aktif di dalam minyak essensial mengandung ekstrak tanaman yang dapat menyebabkan photodermatosis. Menggunakan minyak esensial saat siang hari lalu pergi ke luar rumah dan terpapar sinar matahari dapat mengakibatkan perubahan patologi kulit menyebabkan photo iritant dermatosis dan memperburuk kondisi scar. Belum lagi minyak esensial/bio oil ini mengandung banyak pengawet, fragrance, dan bahkan minyak lavender yang dapat menyebabkan iritasi dan inflamasi berpotensi menyebabkan scar. Penggunaan minyak ini pada orang dengan kulit cenderung berjerawat, atau kulit yang mengalami acne scar kemerahan atau kecoklatan, dapat bersifat komedogenik, menyumbat pori-pori dan menyebabkan kondisi kulit makin memburuk.

Sedangkan stretch mark terjadi karena kulit kekurangan kolagen sehingga membutuhkan yang namanya vitamin A untuk merangsang pembentukan kolagen kulit. Minyak esensial/bio oil sama sekali tidak mengandung vitamin A. Kamu dapat menggunakan terapi laser vaskular untuk mengobati stretch mark.

Semoga artikel “apakah minyak esensial bermanfaat untuk kulit?” ini dapat bermanfaat dan tidak dengan mudah membeli suatu produk yang belum ada evidence based medicine yang sudah terbukti secara ilmiah. Bila ada pertanyaan dapat menghubungi kami di WA 08997730000 (admin LAITE Skincare).

 

by dr Winfrey Pangestu

 

Baca Juga: Cara Mengatasi Rosacea Dengan Mudah

LAITE