Tips & Trick Merawat Kulit

Manfaat Asam Salisilat atau BHA Untuk Kulit Berjerawat

manfaat asam salisilat laite skincare

 

Asam salisilat/salycilic acid merupakan salah satu bahan aktif yang paling sering dijmpai pada produk skincare untuk jerawat. Diawali dengan tulisan “asam” pasti yang terlintas di pikiran asam salisilat ini dapat menyebabkan iritasi, rasa terbakar, dan kemerahan. Lalu apakah sebenarnya salicylic acid ini? Asam salisilat adalah bahan aktif yang berasal dari alam, yaitu dari zat salicin yang diesktrak dari kulit pohon willow.

Lalu apa fungsinya ? Asam salisilat digunakan sebagai keratolitik untuk meningkatkan turn over sel kulit dan berperan sebagai eksfoliator. Karena salah satu penyeban jerawat adalah akibat penyumbatan pori-pori, asam salisilat ini akan membuang dan membersihkan semua yang menyumbat pori-pori termasuk minyak, keratin, dan bakteri. Konsentrasi salicylic acid yang dijual bebas berkisar antara 0.5%-2%, dan pemakaiannya bergantung dari seberapa berat kondisi jerawatmu.

Mulailah dari dosis yang paling kecil karena tidak tahu apakah salicylic acid ini bisa bersifat mengiritasi kulitmu, belum lagi ditambah produk-produk skincare lainnya dengan bahan aktif iritatif. Mulailah dari dosis terkecil lalu mulai naikkan dosis, karena biasanya cara ini aman untuk kebanyakan orang. Seberapa sering memakai salicylic acid? Bergantung dari kondisi kulitmu saat itu. Jangan terlalu terpaku dengan cara penggunaan produk di belakang kemasan, karena tidak harus menggunakannya 1 kali sehari atau 2 hari sekali dan sebagainya.

asam salisilat laite skincare

Gunakan tidak begitu sering bila kulitmu terasa kering atau mengalami iritasi, dapat kamu gunakan selang 1 hari atau 2 hari bergantung dari kondisi kulitmu. Bila setelah kamu menggunakannya kulit terasa kering, seimbangkan dengan menggunakan pelembab yang lebih kuat dari yang biasanya kamu gunakan.

Bila kamu baru pertama kali menggunakan salicylic acid, kamu dapat mencoba menggunakan spot treatment yang mengandung salicylic acid pada area tertentu di wajah untuk kamu totol agar memastikan kamu tidak memiliki kulit yang sensitif terhadap asam salisilat sebelum kamu menggunakannya pada seluruh wajahmu.

Jangan menggunakan banyak produk dalam waktu yang bersamaan misalnya 5 produk berbeda untuk mengatasi acne, karena dengan kata lain kamu memiliki 5 kemungkinan efek samping belum lagi ditambah dengan efek buruk interaksi obat yang benar-benar dapat membuat kulitmu menjadi sangat kering. Padahal kamu dapat menghilangkan jerawat hanya dengan menggunakan 2 atau 3 produk saja. Hindari penggunaan salicylic acid pada daerah wajah yang mengalami kemerahan dan iritasi.

Semoga artikel Manfaat BHA Untuk Kulit Berjerawat ini dapat membantu kamu mengatasi masalah jerawat. Bila ada pertanyaan dapat menghubungi kami di WA 08997730000 (admin LAITE Skincare).

 

by dr Winfrey Pangestu

 

Baca Juga: SLS vs SLES mana yang lebih baik?

LAITE