Informasi Seputar Kulit

Bagaimana Mengatasi Dan Mencegah Ruam Kulit?

Bagaimana Mengatasi Dan Mencegah Ruam Kulit LAITE Skincare

 

Apakah kulitmu tergolong kulit yang sensitif?

 

Apabila iya, bearti anda butuh perawatan yang cukup ekstra. Selain memerlukan perhatian dan perawatan yang ekstra, ada beberapa hal yang tak boleh dilakukan serta harus dijauhi untuk kamu yang ingin mengatasi dan mencegah ruam kulit.  Sebelumnya, tahukah kamu apa itu kulit sensitif? Dan apa saja tanda-tanda jenis kulit ini?

Sebenarnya kulit sensitif merupakan salah satu jenis kulit yang dapat dengan mudah melakukan eraksi terhadap lingkungan sekitar. Tetapi, eraksi ini bersifat sangat berlebihan sehingga kulit akan sangat mudah mengalami iritasi. Seperti kulit menjadi memerah, kulit mudah terasa gatal, serta kulit mudah terkelupas, dan masalah kulit lainnya. Biasanya jenis kulit ini memiliki pori-pori yang tidak terlihat oleh mata karena kondisi pori-porinya tidak terbuka. Meski pori-pori wajahnya tak terbuka, tetap saja kulit wajah pemilik jenis kulit ini memiliki tekstur wajah yang kasar.

Masalah kulit sensitif ini biasanya terjadi karena adanya faktor riwayat atau turunan alergi dari keluarga. Selain disebabkan karena faktor riwayat keluarga, ada beberapa faktor penyebab yang bisa membuat kulitmu mengalami iritasi dan menjadikan kulitmu menjadi lebih sensitif.

Kulit sensitif bisa disebabkan oleh beberapa hal. Penasaran? Apa saja faktor penyebab kulit menjadi sensitif?

 

Berikut ini faktor penyebab kulit menjadi sensitif.

 

  1. Faktor penyakit kulit.

Salah satu faktor yang membuat kulit menjadi sensitif adalah karena adanya faktor penyakit kulit. Diantaranya disebabkan karena dermatitis atopik atau eksem, rosasea, dan adanya kontak alergi atau dermatitis.

 

  1. Faktor kondisi kulit kering.

Faktor penyebab kulit menjadi sensitif selanjutnya adalah karena dipengaruhi oleh kondisi kulit yang sedang dan dalam keadaan luka. Jika kulit mengalami luka, kulit akan menjadi sensitif yang lebih karena kulit mengalami kekeringan. Jika kulit mengalami hal ini akan membuat kulitmu kehilangan faktor yang bernama faktor proteksis.

 

  1. Faktor zat yang dapat merusak kulit.

Faktor penyebab kulit sensitif berikutnya adalah karena disebabkan dan dipengaruhi oleh suatu zat yang dapat merusak kesehatan kulit. salah satu zat yang dapat merusak kulit adalah paparan sinar matahari dan cuaca yang berubah-ubah (ekstrem). Cuaca ekstrem ini merupakan cuaca yang berubah-ubah bisa saja terlalu panas kemudian menjadi terlalu dingin. Dengan begitu akan membuat kulit mengalami kesensitifan.

 

  1. Faktor produk yang tidak cocok.

Faktor berikutnya yang menjadi penyebab kulit menjadi sensitif adalah karena faktor penggunaan produk perawatan atau kosmetik. Apabila kita menggunakan produk perawatan atau kosmetik yang tidak tepat akan membuat kulit menjadi sensitif. Untuk itu, kita dianjurkan menggunakan produk kosmetik atau produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit kita.

 

 

 

Itulah faktor penyebab kulit sensitif. Kulit yang sensitif akan sangat mudah mengalami peradangan. Apabila kulit sering mengalami peradangan akan membuat kulit lebih cepat mengalami proses penuaan. Hal ini disebabkan karena zat kolagen yang di produksi kulit mengalami penurunan. Jika zat kolagen mengalami penurunan akan mempercepat kulit mengalami penuaan. Kamu tidak menginginkan itu terjadi bukan? Untuk itu, kami akan memberikan tips untuk kamu semua tentang bagaimana cara merawat kulit sensitif dan yang tidak boleh dilakukan pemilik kulit sensitif.

 

Bagaimana Mengatasi Dan Mencegah Ruam Kulit LAITE Skincare

Berikut ini pembahasannya.

 

  1. Jangan menggunakan sabun sembarangan serta jangan pergunakan sabun bersama orang lain.

Apabila kulitmu tergolong kulit yang sensitif, alangkah baiknya kamu harus memeperhatikan jenis sabun yang akan kamu gunakan pada saat mandi. Kamu bisa menggunakan dan memilih sabun khusus yang diformulasikan untuk kulit sensitif. Kamu bisa memilih sabun yang tidak banyak mengandung deterjen. Selain itu, pilihlah sabun yang mempunyai kandungan antibakteri dan sabun yang tidak mengandung pewarna atau pewangi sedikit pun.

Kamu bisa menggunakan sabun itu di daerah-daerah tertentu seperti daerah-daerah yang mengeluarkan bau tak sedap. Misalnya bagian ketiak, pangkal paha, bokong, kaki dan tangan. Sedangkan untuk bagian tubuh yang tidak disebutkan bisa dibersihkan cukup dengan menggunakan air yang bersih.

Selain itu, jangan mempergunakan sabun yang sama dengan orang lain karena akan menyebabkan bakteri menumpuk di sabun apabila itu sabun batangan. Apabila sabun itu kita pergunakan, bakteri yang berada di sabun akan menempel di tubuh kita sehingga akan menyebabkan kulit kita semakin sensitif. Untuk itu, hindari penggunaan sabun bersama-sama.

 

  1. Jangan pergunakan produk pembersih yang tersedia di tempat-tempat umum.

Hal yang tidak boleh dilakukan pemilik kulit sensitif adalah sembarangan menggunakan produk pembersih. Terutama menggunakan produk pembersih yang tersedia di tempat-tempat umum. Hal ini karena, produk yang tersedia di tempat umum biasanya tidak akan cocok dengan kulit yang berjenis sensitif. Jika kamu ingin menggunakan produk pembersih yang tersedia di tempat umum, kamu harus menghindari produk pembersih yang mengandung bahan pemutih, ammonia, alkohol, natrium hipoklorit, trisodium fosfat, etilen glikol monobutil asetat dan bahan lainnya yang bisa menyebabkan iritasi kulit.

 

3. Jauhi kegiatan merokok.

Kegiatan menghisap rokok selain membahayakan kesehatan, ternyata juga bisa membuat kulit menjadi sensitif loh. Selain dapat meningkatkan reaksi sensitif yang terjadi pada kulit, kebiasaan menghisap rokok juga bisa memperlambat penyembuhan dan perbaikan kulit.

 

4. Mandilah sebentar saja jangan terlalu lama.

Jika kamu memiliki jenis kulit yang sensitif sebaiknya jangan mandi terlalu lama. Hal ini karena air yang mengenai kulit kita akan menghilangkan minyak alami yang dimiliki kulit. Jika minyak alami kulit menghilangkan, kulit yang kita miliki bisa menjadi kering bahkan bisa pecah-pecah. Kamu tidak menginginkan kulitmu kering dan pecah-pecah bukan? Untuk itu dianjurkan mandi cukup lima belas menit saja. Selain itu kamu bisa mandi dengan menggunakan air yang hangat.

 

5. Hindari membersihkan wajah dengan menggunakan air hangat serta gunakan pelembab setelah selesai melakukan pencucian wajah.

Selain jangan mandi terlalu lama, pemilik kulit sensitif juga tidak dianjurkan mencuci wajahnya menggunakan air hangat. Kebiasaan mencuci wajah dengan menggunakan air hangat akan membuat kulit wajah mengalami kekeringan dan iritasi. Agar kulit wajahmu tidak mengalami kekeringan, kamu bisa menggunakan sabun wajah yang memiliki PH kulit sekitar 5,5. Dan hindari pembersih wajah yang terdapat scrub. Karena scrub yang berasal dari sabun pembersih wajah akan membuat kulit menjadi lebih sensitif dan dapat membuat kulit menjadi iritasi.

Setelah kamu selesai membersihkan wajahmu, gunakan segera pelembab wajah agar wajah tetap dalam keadaan yang lembab. Untuk kulit berjenis sensitif, kamu bisa menggunakan pelembab yang mempunya tekstur cair kemudian dilapisi dengan pelembab yang berstektur krim.

 

Itulah hal-hal yang tak boleh dan boleh dilakukan pemilik kulit sensitif.

 

Semoga artikel mengenai Bagaimana Mengatasi Dan Mencegah Ruam Kulit? ini dapat bermanfaat. Bila ada pertanyaan dapat menghubungi kami di WA 08997730000 (admin LAITE Skincare).

 

Baca juga Kenali Tanda Skincare Tidak Cocok di Kulit

LAITE