Informasi Seputar Kulit

Cara Memutihkan Kulit dan Merawatnya Agar Tetap Sehat

Cara Memutihkan Kulit dan Merawatnya Agar Tetap Sehat LAITE Skincare

 

 

Organ terbesar yang dimiliki manusia adalah kulit.

 

Jika dihitung total keberadaannya maka bisa dirincikan sebagai berikut. Kulit manusia yang menutupi seluruh tubuh mencapai 2 meter dengan kekebalan mencapai 16% dari berat badan seseorang. Organ yang cukup besar bukan? Oleh karena itu, kulit bisa dikatakan organ terbesar yang memiliki fungsi untuk melindungi kesehatan tubuh dari segala macam hal atau faktor yang dapat merusak kesehatannya. Bagaimana cara memutihkan kulit dan merawatnya?

 

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang fungsi dan peranan kulit, alangkah baiknnya kita mengetahui bagian-bagian kulit. Sebenarnya kulit kita terdiri dari dua lapis. Lapisan pertama bernama lapisan epidermis. Lapisan ini merupakan lapisan yang berada di luar kulit. Sedangkan lapisan kedua bernama lapian dermis. Lapisan ini menjadi tempat berlangsungnya proses pelekatan antara saraf, pembuluh darah, serta folikel rambut. Pada lapisan inilah akan terbentuknya protein yang baik untuk kulit. Protein ini sering kita sebut sebagai zat kolagen.

 

Penasaran apa saja fungsi adanya kulit di tubuh kita?

 

Berikut ini 7 fungsi kulit manusia yang kami rangkum sedemikian rupa. Selamat membaca.

 

Cara Memutihkan Kulit dan Merawatnya Agar Tetap Sehat LAITE Skincare

7 Fungsi Kulit Manusia

 

  1. Sebagai Indra Peraba.

Fungsi pertama dan utama kulit adalah sebagai alat indra peraba. Sebenarnya manusia memiliki lima indra. Salah satu dari kelima indra tersebut adalah indra peraba. Kulit menjadi salah satu alat indra peraba. Yang dimaksud sebagai alat indra peraba adalah alat yang mampu merasakan dan mengenal berbagai macam rasa yang dirasakan. Misalnya kulit mampu merasakan rasa dingin, panas, kasar, lembut, dan rasa lainnya.

Saat kulit kita menyentuh sesuatu, kulit akan langsung merasakan. Hal ini karena kulit memberikan laporan dan rangsangan ke otak. Dan otak langsung memprosesnya. Kulit mampu memberikan laporan ke otak karena kulit memiliki saraf sebagai alat perantara ketika memperoleh rangsangan.

 

  1. Sebagai Pelindung Tubuh.

Fungsi kulit yang tak kalah penting adalah sebagai pelindung tubuh dari berbagai macam faktor yang dapat merusak tubuh. Salah satu fungsi kuit sebagai pelindung tubuh adalah mampu melindungi tubuh dari berbagai radiasi bebas yang dapat merusak kulit, mampu melindungi dari mikroorganisme dan suhu, serta mampu melindungi tubuh dari berbagai zat-zat kimia yang dapat merusak kesehatan tubuh.

 

  1. Sebagai Organ Regulasi.

Selaian berfungsi sebagai alat peraba dan pelindung tubuh, fungsi kulit yang lainnya adalah sebagai organ regulasi. Maksudnya adalah oragan yang dapat mengatur berbagai aspek fisiologi. Seperti dapat merubah dan sirkulasi serta mampu mengatur besaran suhu yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

 

  1. Sebagai Alat Ekskresi Seseorang.

Fungsi kulit selanjutnya adalah sebagai alat ekspresi seseorang. Tahukah kamu apa maksudnya? Maksudnya adalah kulit mampu menyampaikan dan menjelaskan kepada kita semua tentang berapa banyak kita mengeluarkan keringat selama sehari. Keringat yang kita keluarkan, keluar melalui pori-pori yang ada pada permukaan kulit. Di dalam permukaan kulit terdapat banyak sekali rambut-rambut halus yang tumbuh. Fungsi rambut-rambut halus ini adalah membantu kelancaran sistem ekspresi kulit.Selain terdapat rambut-rambut yang halus, terdapat juga kelenjar kulit yang mampu mengeluarkan berbagai macam zat yang tidak baik dan tidak dibutuhkan untuk tubuh kita.

 

  1. Sebagai Sintesis Vitamin D.

Fungsi kulit tidak hanya mampu mengatur suhu tubuh dan melindungi tubuh dari zat-zat yang berbahaya saja loh. Ada fungsi lain kulit yang jarang diketahui orang banyak. Penasaran fungsi lainnya? Fungsi kulit yang selanjutnya adalah sebagai sintesis vitamin D.

Maksudnya adalah kulit mampu menghasilkan dan merubah provitamin D menjadi vitamin D. Cara menghasilkan vitamin ini dengan bantuan sinar matahari. Sinar matahari dapat menghasilkan suatu zat yang bernama ultraviolet B. Zat ini dapat meresap ke dalam kulit dengan membawa banyak sekali kandungan kolesterol. Di dalam kolestrol tersebut terdapat kandungan provitamin D. Provitamin D ini bisa berubah menjadi vitamin D yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk kesehatan tulang dan gigi.

 

  1. Sebagai Penjaga Sistem Kekebalan Tubuh.

Fungsi kulit keenam adalah mampu menjaga sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga tidak akan mudah mengalami sakit. Di dalam kulit, terdapat mekanisme kekebalan tubuh yang dapat melindungi tubuh dari segala hal yang dapat merusak kesehatan tubuh. Salah satunya adalah melindungi tubuh dari patogen. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan patogen? Patogen merupakan suatu hal yang dapat merusak yang disebabkan oleh makhluk hidup yang memiliki ukuran sangat kecil sehingga tidak bisa dilihat oleh mata. Salah satu contohnya adalah bakteri dan virus.

 

  1. Sebagai Penggerak Otot Sehingga Bisa Bergerak.

Fungsi kulit yang terakhir adalah sebagai penggerak otot sehingga tubuh bisa bergerak dengan bebas. Dengan adanya kulit, otot-otot yang ada di tubuh menjadi elastis sehingga tubuh bisa bergerak tanpa batas.

 

 

Cara Menjaga Kesehatan Kulit dengan mengkonsumsi makanan yang sehat

Kulit yang sehat, mulus, dan kencang menjadi kulit idaman semua orang. Untuk mendapatkan kulit impian ini tentu kita harus berusaha dalam mendapatkannya. Salah satu usaha yang bisa kita lakukan adalah mengkonsumsi makanan yang sehat. Karena, makanan yang kita makan atau yang kita konsumsi dapat mempengaruhi kondisi kulit kita. Apabila kamu menginginkan kulit yang sehat, mulus, dan kencang kamu harus mengkonsumsi makanan yang sehat.

 

Berikut ini beberapa makanan yang bisa membuat kulit kita menjadi lebih sehat.

 

  1. Makanan yang sedikit kandungan gula dan susunya.

Apabila kamu menginginkan kulit yang sehat, maka konsumsilah makanan yang sedikit kandungan gula dan susunya. Karena gula dan susu apabila dikonsumsi secara berlebihan akan membuat kulitmu menjadi kusam. Kamu tidak menginginkan kulitmu kusamkan? Jika kamu tidak menginginkannya maka kurangi konsumsi makanan yang mengandung kedua bahan ini.

 

  1. Perbanyak makan coklat hitam dan konsumsi makanan probiotik serta jangan lupa merawat kulitmu dengan masker.

Apabila kamu menginginkan kulit yang sehat, elastis, dan terlihat awet muda kamu bisa dapatkan dengan banyak mengkonsumsi coklat hitam. Tahukah kamu di dalam coklat terdapat kandungan flavonoid dan flavonol serta banyak sekali kandungan antioksidan. Sehingga mampu menjaga kesehatan kulit dan mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan sinar matahari. Selain coklat ternyata mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik juga sangat diperlukan untuk mencegah proses penuaan. Salah satu makanan yang termaksud probiotik adalah acar dan yogurt.

Selain itu, untuk memperoleh kulit yang sehat kamu juga harus merawat kulitmu dengan melakukan maskeran secara rutin. Sudahkah kamu melakukan ini secara rutin?

  

Itulah fungsi kulit dan cara menjaganya agar selalu dalam keadaan yang sehat. semoga artikel ini bermanfaat.

 

Semoga artikel mengenai Cara Memutihkan Kulit dan Merawatnya Agar Tetap Sehat ini dapat bermanfaat. Bila ada pertanyaan dapat menghubungi kami di WA 08997730000 (admin LAITE Skincare).

 

Baca juga Cara Memutihkan Wajah Dan Meratakan Warna Kulit Secara Alami

LAITE