Tips & Trick Merawat Kulit

Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik dan Gatal

kulit kering bersisik dan gatal laite skincare

Cara mengatasi kulit kering bersisik dan gatal adalah dengan cara melembabkan dan menghidrasi kulit dengan baik. Karena penyebab utama kulit kering bersisik dan gatal adalah karena kulit mengalamai dehidrasi dan kurang memproduksi sebum. Lalu bagaimana cara melembabkan kulit yang tepat? Yuk simak seputar pertanyaan mengenai pelembab di bawah ini agar kalian dapat mengatasi masalah kulit kering bersisik dan gatal.

Apakah terdapat perbedaan pelembab saat malam hari dan pagi hari? perbedaannya cukup sederhana, pelembab saat pagi hari yang akan kamu gunakan harus mengandung SPF 30 atau lebih. Sunscreen akan melindungi kulitmu dari kerusakan sinar UV matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit dan penuaan kulit dini. Pelembab yang menagdung SPF ini setidaknya kamu aplikasikan ualng setiap 2 jam. Fokus pelembab malam ahri adalah pelembab yang tidak mengandung SPF.

Apakah ada rekomendasi sunscreen atau produk lain yang bila digunakan pada kulit berminyak tidak akan menyebabkan breakout? Jawabannya adalah tidak ada rekomendasi spesifik. Karena akan sulit sekali dan membuktikan bahwa sunscreen maupun produk skincare tersebut tidak akan menyebabkan breakout meskin mereka banyak yang mengklaim bersifat non komedogenik. Pilihlah pelembab yang tidak mengandung bahan-bahan iritatif seperti fragrance dan paraben. Mineral sunscreen lebih disukai karena tidak banyak mengandung bahan kimia, tidak seperti chemical sunscreen yang mengandung banyak bahan aktif yang berpotensi mengiritasi kulit. Chemical sunscreen juga perlu diaplikasikan ulang lebih sering dibandingkan mineral sunscreen/sunblock, karena sinar UV matahari akan mendegradasi sunscreen tersebut sehingga tidak akan bertahan lama.

kulit kering bersisik dan gatal laite skincare

Bagaimana pilihan pelembab untuk kulit kering? Pelembab dengan kandungan seha butter dapat menjadi pilihan. Shea butter memiliki tekstur yang tebal dan dapat ditoleransi dengan baik oleh kulit. Shea butter juga dapat ditoleransi dengan baik pada kulit dengan dermatitis seboroik. Bila kamu mengalami dermatitis seboroik, hindari penggunaan facial oil karena kondisi dermatitis seboroik dapat memburuk. Kecuali olive oil dapat kamu gunakan pada kondisi dermatitis seboroik karena cukup terbukti untuk memperhalus tekstur kulit dan memperbaiki kulit bersisik pada kondisi ini. untuk kulit sensitif hidanri pelembab yang mengandung fragrance, paraben, minyak esensial, menthol, ekstrak mint

Lalu apakah penggunaan minyak seperti rose oil atau jenis minyak lain bermanfaat bila digunakan sebelum pelembab? Penggunaan minyak tersebut kurang efektif dan tidak begitu diperlukan karena minyak tidak begitu efektif menahan air dan mencegah air keluar dari permukaan kulit. Penggunaan minyak di dalam skincare adalah sebagai pelembut kulit dan emolien terutama untuk kulit kering. Minyak sama sekali tidak membantu untuk menurunkan dan mencegah TEWL (transepidermal water loss). Penting untuk diketahui agar menghindari penggunaan minyak esensial/essential oil karena dapat menimbulkan masalah besar bagi kulitmu.

Bila kulit menjadi sangat kering dan bersisik setelah menggunakan retinoid, apakah ada rekomendasi pelembab spesifik utnuk masalah tersebut ? Cukup gunakan pelembab yang kamu gunakan sehari-hari, dan ketika ingin menggunakan retinoid topikal campur dengan pelembab tersebut dengan perbandingan 1:3 (1 untuk retinoid, 3 untuk pelembab), lalu aplikasikan pada kulit wajahmu hingga kulitmu dapat mentoleransi retinoid dengan baik. Hindari penggunaan scrub dan chemical peeling bila kamu memiliki kondisi kulit kering dan sensitif, kecuali kamu sudah berkonsultasi dengan doktermu.

Gunakan pelembab dengan cara bergerak secara berputar agar pelembab wajah dapat meresap ke kulit dengan baik. Hindari terlalu menekan dan menggosok kulit wajah karena dapat merusak lapisan kulit menyebabkan trauma. Perlu juga diketahui bila pelembab murni yang tidak mengandung bahan-bahan aktif tertentu hanya bermanfaat untuk melembabkan, tidak untuk menghilangkan kulit yang kusam ataupun menghilangkan jerawat dan melasma. Kecuali kamu memilih produk skincare Laite dengan berbagai macam pilihan pelembab untuk berbagai jenis dan masalah kulit. Produk ini tidak mengandung fragrance, bebas paraben, tidak mengandung merkuri maupun hidrokuinon. Laite skincare sudah ternotifikasi badan BPOM dan bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

 

Semoga artikel cara mengatasi kulit kering bersisik dan gatal dapat bermanfaat bagi kamu terutama dengan mencari pelembab yang cocok. Bila ada pertanyaan dapat menghubungi kami di WA 08997730000 (admin LAITE Skincare).

 

 

Baca Juga: Cara mengatasi jerawat yang sulit sembuh

LAITE