Informasi Seputar Kulit

Jenis Penyakit Kulit Yang Kerap Ditemukan

Jenis Penyakit Kulit Yang Kerap Ditemukan LAITE Skincare

Sebenarnya terdapat banyak sekali penyakit kulit yang sering dialami dan sering diderita banyak orang.

 

Gejala dan tingkatannya pun bermacam-macam. Misalnya, ada penyakit kulit yang ringan. Dan adapula penyakit kulit yang berbahaya bahkan mematikan. Selain itu, ada juga penyakit kulit yang mengakibatkan rasa gatal, nyeri, perih, bahkan bernanah dan dapat mengeluarkan darah. Ada juga penyakit kulit yang tidak begitu membahayakan tetapi membuat penderita merasa kurang percaya diri. Biasanya penyakit kulit yang membuat penderita merasa tidak percaya diri ini biasanya penyakit kulit yang tidak enak dipandang atau dilihat menggunakan mata. Misalnya masalah kulit jerawat di wajah. Berikut kita ulas jenis penyakit kulit yang kerap ditemukan.

Tahukah kamu apa fungsi adanya kulit? Salah satu fungsi adanya kulit adalah untuk melindungi tubuh dari berbagai ancaman. Misalnya, melindungi tubuh dari berbagai bakteri maupun virus yang menyerang kekebalan tubuh. Selain dapat melindungi tubuh dari berbagai virus dan bakteri, kulit juga bisa melindungi tubuh dari paparan sinar matahari, membantu tubuh dalam mengatur suhu tubuh, dan mampu menghasilkan vitamin D.

Keberadaan kulit ada di luar tubuh. Sehingga sangat mudah meneriman berbagai paparan yang dapat mengancam kesehatan.  Dengan begitu kulit akan mudah terkena gangguan maupun penyakit.

 

 

Macam-Macam Penyakit Kulit.

 

Berikut ini jenis penyakit kulit yang sering dialami.

 

  1. Penyakit kulit yang disebabkan karena peradangan.

Suatu kondisi dimana kulit mengalami peradangan bisa juga disebut  dengan dermatitis. Penyebab terjadinya kondisi ini karena kulit bersentuhan atau mengenai zat yang memiliki sifat iritatif atau zat yang bisa membuat alergi.

Gejala penyakit ini ditandai dengan gatal-gatal di kulit, kulit menjadi memerah bahkan terjadi pembengkakan.

Gejala dermatitis ini terbagi menjadi 4 jenis. Yaitu, dermatitis kontrak iritan, dermatitis kontak alergi, dermatitis atopic (eksim), dan dermatitis seboroik.

 

Berikut ini pembahasannya.

  1. Dermatitis kontak iritan.

Penyakit jenis ini merupakan jenis penyakit kulit yang banyak dan yang paling sering dialami banyak orang. Apabila kulitmu mengalami penyakit jenis ini kulitmu akan ruam, iritasi, kering, dan kulit akan melepuh. Kondisi ini terjadi akibat kulit kamu menyentuh atau mengenai suatu bahan yang di dalamnya mengandung zat iritan. Contoh bahan yang mengandung zat ini adalah deterjen pembersih baju, produk pemutih baju, sabun mandi, dan bahan kimia lainnya.

 

  1. Dermatitis kontak alergi.

Penyakit jenis ini juga sering dialami banyak orang loh. Adapun tanda-tanda apabila kulitmu mengalami penyakit ini adalah kulit kamu akan merah dan membengkak. Hal ini disebabkan karena kulit kamu menyentuh atau mengenai bahan yang di dalamnya mengandung alergen. Contoh  bahan yang mengandung zat allergen adalah produk kosmetik, perhiasan, maupun cat kuku.

Penyakit jenis ini hanya bisa dialami dan dirasakan oleh seseorang  yang menderita alergi.Kemudian kulitnya bmenyentuh atau mengenai suatu bahan yang di dalamnya mengandung zat alergen.

 

  1. Dermatitis atopik (eksim).

Penyakit kulit jenis ini merupakan penyakit kulit jangka panjang. Penyakit ini juga sudah termasuk jenis penyakit kulit yang kronis. Biasanya penyakit ini muncul dari kita masih bayi atau ketika kita masih kecil. Penyakit ini akan terus kambuh sampai kita dewasa nanti. Penyakit ini memiliki ciri-ciri tiba-tiba kambuh kemudian akan sembuh atau mereda. Apabila ciri-ciri lain dari penyakit kulit ini adalah apabila kita menggaruknya kulit akan mengelupas kemudian akan mengeluarkan cairan dari dalam kulit.

Apabila kulitmu mengalami jenis penyakit ini, kulitmu akan memerah,bahkan terasa gatal, selain itu, kulit akan mengering bahkan bisa bersisik. Biasanya penyakit ini sering terjadi di area kulit sekitar leher, lutut, dan kulit siku.

 

  1. Dermatitis seboroik.

Penyakit jenis kulit ini sering disebut juga dengan cradle cap. Penyakit ini sering terjadi pada area kulit yang terdapat minyak seperti dada, punggung, wajah, dan area tubuh lainnya yang terdapat minyak. Penyakit jenis ini ditandai dengan kondisi kulit yang memerah bahkan kulit bisa bersisik.

 

2. Penyakit kulit yang disebabkan karena kelainan autoimun.

Penyakit kulit jenis ini bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh melakukan penyerangan ke jaringan tubuh sehingga jaringan tubuh rusak. Jenis kulit ini terbagi menjadi 5 jenis yaitu Psoriasis, Vitiligo, Skleroderma, Pemfigus, dan Discoid lupus erythematosus.

 

Berikut ini penjelasan dari ke 5 jenis penyakit kulit ini.

 

a. Psoriasis.

Penyakit jenis kulit ini terjadi karena terjadinya proses pertumbuhan sel kulit dalam waktu yang sangat cepat. Apabila sel kulit tumbuh lebih cepat dari pada pertumbuhan normalnya akan mengakibatkan terjadinya penumpukan. Apabila terjadi proses penumpukan, kulit akan membentuk suatu bercak berwarna merah kemerahan dengan disertai sisik yang berwana perak-keperakan.

 

b. Vitiligo.

Penyakit jenis kulit ini disebabkan karena sel kulit memproduksi sel melanin tetapi tidak berfungsi. Sel melanin ini sering disebut sebagai sel yang dapat merubah kulit menjadi lebih gelap dan hitam. Karena tidak berfungsi dengan baik, kulit akan mengalami kehilangan warna gelap kulit. Sehingga kulit akan mengalami bercak-bercak berwarna putih.

 

c. Skleroderma.

Penyakit yang satu ini merupakan penyakit kulit yang dapat merubah kondisi kulit yang tadinya lembut dan tipis menjadi keras dan tebal. Penyakit ini cukup berbahaya karena tidak hanya dapat menyerang kulit. Tapi, bisa menyerang pembuluh darah maupun organ tubuh yang lainnya yang berada di dalam.

 

d. Pemfigus.

Penyakit kulit jenis ini terbagi menjadi dua jenis. Yaitu, pemfigus foliaceus dan pemfigus vulgaris. Kedua jenis ini memiliki gejala yang berbeda. Misalnya pemphigus vulgaris. Jenis ini memiliki tanda atau gejala seperti terjadi lepuhan di kulit. Lepuhan ini memiliki ciri-ciri mudah pecah tetapi tidak gatal jika lepuhan ini pecah.

Sedangkan jenis pemphigus foliaceus memiliki ciri-ciri kulit bersisik serta terdapat lepuhan di kulit. Apabila lepuhan ini di pecahkan akan merasakan kegatalan yang dahsyat.

 

 e. Discoid lupus erythematosus.

Penyakit jenis ini terjadi dan akan semakin parah apabila kulit terkena paparan sinar matahari. Apabila kulit terkena paparan sinar matahari, kulit akan ruam. Biasanya ruam ini terjadi pada area kulit di sekitar wajah, kepala, tangan, maupun kaki.

Jenis Penyakit Kulit Yang Kerap Ditemukan LAITE Skincare

 

3. Penyakit kulit yang disebabkan karena infeksi.

Jenis penyakit yang satu ini memiliki ciri khas sebagai penyakit kulit yang dapat menular. Penyakit jenis ini biasanya sering disebabkan karena adanya infeksi bakteri, infeksi virus, infeksi jamur, dan infeksi parasit.

 

Berikut ini pembahasannya.

a. Penyakit kulit yang disebabkan infeksi bakteri.

Berikut ini contoh penyakit kulit yang disebabkan karena infeksi bakteri adalah penyakit kusta, bisul, selulitis, folikulitis, dan masih banyak jenis penyakit kulit lainnya yang disebabkan infeksi bakteri.

 

b. Penyakit kulit yang disebabkan infeksi virus.

 Salah satu contoh penyakit kulit yang di akibatkan infeksi  virus adalah cacar, campak, herpes zoster, kutil, dan masih banyak penyakit kulit lainnya yang disebabkan oleh virus.

 

c. Penyakit kulit yang disebabkan infeksi jamur.

Contoh penyakit yang disebabkan jamur adalah kutu air, kurap, dan tinea cruris dan masih banyak penyakit kulit lainnya yang disebabkan oleh jamur.

 

d. Penyakit kulit yang disebabkan infeksi parasit
Salah satu contoh penyakit kulit yang disebabkan karena infeksi parasit adalah kudis.

Selain penyakit kulit yang sudah disebutkan, ternyata ada juga penyakit kulit yang berbahaya dan mematikan loh. Jenis penyakit yang berbahaya dan mematikan ini adalah kanker kulit. penyakit ini memiliki 4 jenis. Yaitu, karsinoma sel skuamosa, melanoma, karsinoma sel basal dan aktinik keratosis.

 

Semoga artikel mengenai Jenis Penyakit Kulit Yang Kerap Ditemukan ini dapat bermanfaat. Bila ada pertanyaan dapat menghubungi kami di WA 08997730000 (admin LAITE Skincare).

 

Baca juga Cara Mengatasi Jerawat Hormonal Dengan Efektif

LAITE