Informasi Seputar Kulit

Manfaat Sinar Matahari Dan Bagaimana Mengatasi Sunburn

Manfaat Sinar Matahari Dan Bagaimana Mengatasi Sunburn Atau Kulit Terbakar Karena Sinar Matahari LAITE Skincare

Pernahkah kamu merasakan kondisi kulitmu menjadi memerah dan terasa seperti terbakar setelah terkena sinar matahari?

 

Tahukah kamu kondisi semacam ini disebut juga dengan sunburn. Apakah kamu tahu apa itu sunburn? Sunburn merupakan suatu kondisi atau suatu keadaan dimana kulit kita menjadi memerah, perih,gatal, dan terasa panas seperti habis terbakar. Kondisi ini biasanya disebabkan karena kulit kita terlalu lama dan terlalu sering terkena paparan sinar matahari yang sering kita sebut sebagai sinar ultraviolet (UV). Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu sunburn, hal yang harus kamu ketahui adalah tanda-tanda sunburn pada kulit? Dan bagaimana cara mengatasinya? Penasaran apa saja tanda-tanda dan cara mengatasi kulit yang mengalami sunburn? Berikut ini mengenai manfaat sinar matahari dan bagaimana mengatasi sunburn atau kulit terbakar karena sinar matahari.

 

Apa tanda-tanda kulit mengalami sunburn?

Setiap kulit memiliki tanda-tanda sunburn yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh jenis kulit masing-masing individu dan berapa lama kulit terkena paparan sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari matahari. Misalnya orang yang memiliki kulit putih dan pucat akan mengalami sunburn lebih cepat. Apabila kulitmu berjanis putih dan pucat kemudian terkena paparan sinar matahari dalam waktu 15 menit pasti langsung mengalami kondisi sunbrun. Sedangkan orang yang memiliki jenis kulit yang berwarna kecoklatan akan mengalami sunburn lebih lama.

 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini rincian tentang tingkatan tipe warna kulit serta waktu mengalami sunburn dan efek sampingnya apabila kulit mengalami sunburn.

 

  1. Kategori kulit putih dan pucat.

Untuk katagori kulit putih yang pucat akan mengalami sunburn atau kulit terbakar lebih cepat yaitu antara 15-30 menit saja. Apabila kamu memiliki jenis kulit ini kamu harus berhanti-hati apabila kulitmu sudah terlalu lama terkena sinar matahari.

Apabila jenis kulit ini mengalami sunburn kulit akan terbakar tetapi tidak akan merubah warna kulit.

 

  1. Kategori kulit putih tidak pucat.

Untuk katagori kulit putih tidak pucat akan mengalami sunburn atau kulit terbakar apabila kulit terkena sinar matahari selama 25-40 menit. Jika jenis kulit ini mengalami sunburn, kulit akan terbakar serta akan mengalami perubahan warna kulit. Yaitu kulit akan mengalami perubahan warna lebih coklat.

 

  1. Kategori kulit putih sedikit gelap atau hitam.

Untuk kulit jenis kulit ini akan mengalami sunburn atau kulit terbakar apabila kulit terkena sinar matahari selama 30-50 menit. Jika jenis kulit ini mengalami sunburn kulit akan terbakar dan kulit akan merubah warna menjadi kecoklatan pada awal terjadi kebakaran kulit.

 

  1. Kategori kulit kuning langsat.

Jenis kulit ini akan mengalami sunburn apabila kulit terkena sinar matahari selama 40-60 menit. Apabila kullit ini mengalami sunburn kulit akan merubah warna menjadi kecoklatan tetapi tidak mudah (sulit ) terbakar.

 

  1. Kategori kulit sawo matang.

Jenis kulit yang satu ini akan mengalami sunburn apabila kulit terkena sinar matahari antara 60-90 menit lamanya. Biasanya kulit jenis ini akan mengalami perubahan warna menjadi kecoklatan. Tetapi kulit yang berjenis ini jarang sekali mengalami kebakaran pada kulitnya.

 

  1. Kategori kulit yang hitam atau kecoklatan.

Jenis kulit yang terakhir adalah jenis kulit hitam atau coklat. Jenis kulit ini akan mengalami sunburn apabila terkena paparan sinar matahari antara 90-150 menit lamanya. Jenis kulit ini akan menjadi lebih gelap.

Untutk mengetahui apakah kulitmu mengalami sunburn biasanya kulit akan memberikan tanda-tanda. Kulit akan memunculkan tanda-tanda apabila kulitmu mengalami sunburn biasanya mulai terlihat dengan cepat 2-6 jam setelah kulit terkena sinar ultraviolet yang berasal dari matahari. Dan paling lama 12-24 jam setelah kulit terkena sinar ultraviolet yang berasal dari matahari. Biasanya kulit yang mengalami masalah sunburn akan memunculkan tanda-tanda sebagai berikut :

  1. Kulit menjadi memerah.
  2. Kulit akan mengalami pembengkakan.
  3. Kulit akan mengalami iritasi
  4. Bagi yang mengalami sunbrun cukup parah, kulit akan merasa panas, melepuh, dan badan akan menggigil.

Manfaat Sinar Matahari Dan Bagaimana Mengatasi Sunburn Atau Kulit Terbakar Karena Sinar Matahari LAITE Skincare

 

Cara mengatasi kulit yang terkena sunburn.

 

  1. Memgkompres kulit yang terbakar dengan menggunakan air dingin.

Untuk mengurangi dan mengatasi kulit yang terbakar yang diakibatkan sinar dan panas matahari, yang bisa kamu lakukan adalah mengompres kulit kamu yang terbakar dengan menggunakan kompresan air dingin atau bisa juga menggunkan kompresan es batu. Jika kamu menggunakan cara mengompres kulit menggunakan es batu jangan langsung menempelkan es batu dengan kulit kamu. Kamu bisa membungkus es batu menggunakan kain yang tipis lalu menempelkan pelan-pelan ke area kulit yang terbakar. Selain dengan cara mengompres menggunakan air dingin atau es batu, ada cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu dengan cara melakukan mandi menggunakan air dingin atau merendamkan tubuh ke dalam kolam renang.

 

  1. Menggunakan pelembab kulit.

Untuk mengurangi dan mengatasi kulit yang terbakar kamu juga bisa mengatasi dengan menggunakan pelembab. Pilihlah pelembab yang terdapat kandungan aloe vera atau lidah buaya. Kandungan ini mampu meredakan dan memperbaiki kulit yang terbakar.

 

  1. Minum air putih sebanyak-banyaknya.

Hal yang paling mudah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kulit yang terbakar adalah dengan cara minum air putih yang banyak. Kenapa? Karena kulit yang terbakar dapat membuat tubuh kekurangan cairan. Sehingga tubuh dan kulit mengalami dehidrasi sehingga kita harus mengisi cairan di dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi air putih yang banyak

 

4. Melindungi kulit yang terbakar selama masa pemulihan atau pengobatan.

Untuk mengurangi resiko bertambah parahnya kulit yang terbakar. Hal yang bisa kamu lakukan adalah melindungi kulit yang terbakar dari segala hal yang bisa memperparah luka sehingga tidak akan semakin parah. Untuk menjaga kulit yang terbakar hal yang harus kamu lakukan adalah menggunakan baju yang bisa menutupi kulit yang terbakar. Kamu bisa menggunakan baju yang berbahan tak tembus cahaya.

 

  1. Berobat dengan cara menemui dokter.

Jika terjadi pembakaran kulit di berbagai kulit dengan ditambah gejala demam yang menggigil, beserta rasa pusing yang tak tertahankan. Hal yang harus kamu lakukan adalah pergi berobat ke dokter. Jangan sekali-kali menggaruk kulit yang sedang mengalami luka bakar kaena akan mengakibatkan infeksi yang terjadi pada kulit. Tanda-tanda apabila kulitmu mengalami infeksi adalah muncul garis-garis berwarna merah serta mengeluarkan nanah. Jika kondisi kulitmu sudah separah ini yuk segera berobat ke dokter.

 

Itulah hal yang harus kamu lakukan apabila kulitmu mengalami luka bakar yang diakibatkan sinar matahari. semoga bermanfaat.

 

Semoga artikel mengenai Manfaat Sinar Matahari Dan Bagaimana Mengatasi Sunburn Atau Kulit Terbakar Karena Sinar Matahari ini dapat bermanfaat. Bila ada pertanyaan dapat menghubungi kami di WA 08997730000 (admin LAITE Skincare).

 

Baca juga Cara Memutihkan Wajah Dan Meratakan Warna Kulit Secara Alami

LAITE