Tips & Trick Merawat Kulit

Manfaat Vitamin A Untuk Wajah

Jenis Vitamin A dan Manfaat Untuk Kulit Wajah laite skincare

Sebelum mengetahui manfaat vitamin A yang bisa didapatkan untuk kulit wajah terutama dalam bentuk topikal, ada baiknya kita mengetahui apa itu vitamin A dan apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Bagaimana cara kerja vitamin A? Dan bagaimana cara menggunakannya dengan tepat?

 

Vitamin A  dalam bentuk retinoid berperan sebagai anti aging. Dulu retinoid hanya dibuat dan digunakan di dalam krim untuk mengatasi jerawat, dengan cara menurunkan inflamasi, menurunkan jumlah minyak, meningkatkan turn over kulit, dan membunuh bakteri penyebab jerawat P. acnes. Dulu saat diberikan untuk acne ternyata retinoid juga membuat kerutan di kulit wajah memudar bahkan menghilang, sehingga secara tidak sengaja ditemukan manfaatnya sebagai anti aging.

Apa bedanya setiap turunan dari vitamin A? Vitamin A dalam bentuk retinol biasanya merupakan jenis vitamin A yang dapat dijual bebas OTC. Retinol perlu berinteraksi dengan enzim di kulit dan  sekitar 5-10% retinol akan diubah menjadi asam retinoat sebagai bentuk aktif vitamin A yang akan memberikan efek pada kulit. Lalu apa yang asam retinoat lakukan pada kulit? Apa manfaat vitamin A untuk wajah ? Asam retinoat akan mengurangi jerawat, mengurangi ukuran pori-pori, mengurangi hiperpigmentasi, dan berperan sebagai anti aging kulit dengan menstimulasi kolagen dan mengeksfoliasi kulit untuk mempecepat regenerasinya.

Medical grade dari vitamin A adalah retinoid yang mengandung konsentrasi lebih tinggi. Dahulu terdapat 2 generasi retinoid, generasi retinoid pertama lebih besifat iritatif dibandingkan retinoid generasi kedua. Generasi pertama seperti retinol, retinal, tretinoin, isotretinoin, dan alitretinoin. Generasi kedua seperti etretinate dan metabolitnya acitretin. Sekarang sduah ada generasi ketiga yang katanya memberikan eksfoliasi terbaik, tapi malah berisiko membuat kulit semakin iritatif misalnya adapalene, bexarotene, dan tazarotene.

Lalu apa kekurangan dari derivatif vitamin A ini selain memiliki manfaat vitamin A untuk wajah? Efek samping yang dapat ditimbulkan berupa kulit kering akibat efek eksfoliasi. Apaka retinoid dapat menyebabkan kulit menipis? Saya sebaga dokter estetika mengatakan itu adalah mitos, justru retinoid dapat membuat kulit semakin tebal. Stratum korneum yang tereksfoliasi jelas akan menjadi lebih tipis, tetapi kolagen di bawah permukaan kulit akan menjadi lebih tebal, menebalkan lapisan epidermis lainnya sehingga akan dapat mengurangi kerutan wajah.

Meskipun membuat tipis pada bagian paling luar stratum korneum tapi tebal pada bagian bawahnya. Bila kamu menstimulasi kolagen maka akan menstimulasi pembuluh darah sehingga menyebabkan istilah yang kita kenal dengan “retinoid glow”. Seringkali penggunaan retinoid ini  menjadi masalah pada pasien dengan kulit sensitif dan rosasea karena akan menyebabkan flare up akibat peningkatan jumlah pembuluh darah di bawah kulit.

 

Derivatif Vitamin A Laite Skincare

 

Bagaimana cara menggunakan retinoid/retinol dengan benar? Gunakan pada saat malam hari, oleskan secara tipis mulai dari area dagu ke arah atas dan keluar ke arah pipi. Gunakan pelembab terlebih dahulu lalu diamkan selama 30 menit baru gunakan retinol/retinoid untuk mencegah iritasi. Mulai dari retinol dengan konsentrasi terkuat yang dijual bebas (OTC) lalu dapat mengunakan medical grade retinoid bila kulit sudah mencapai toleransinya.

Untuk meningkatkan efektivitas kita dapat menggabungkan penggunaan ketiga generasi retinoid untuk pemakaian karena mereka memilik reseptor berbeda yang berikatan dengan retinoid activating receptor (RAR). Reseptor yang dituju adalah reseptor beta, gamma, alfa (RAR-α, RAR-β, RAR-γ). Dengan menggunakan 3 generasi retinoid yang berbeda ini maka mereka akan bekerja pada 3 reseptor yang berbeda pula dengan menciptakan transkripsi DNA yang dapat merangsang pembentukan kolagen.

Bagaimana kalau terjadi iritasi kulit? Retinol dengan konsentrasi tinggi pasti menyebabkan iritasi. Gunakan sunscreen, pakai cleanser/facial wash lembut, dan berikan pelembab yang ringan. Ambil sedikit retinoid lalu campur dengan pelembab (1:3) taruh di ujung jari kemudian tes di sekitar pipimu sebagai test patch menggunakan retinoid dosis paling rendah, lalu diamkan semalaman. Bila kamu bisa mentoleransi (tidak menjadi iritasi) artinya kamu bisa menggunakannya lebih banyak, tapi perlu diingat untuk menghindari area mata dan pada lipatan hidung karena dapat menyebabkan bercak kemerahan.

Gunakan 2-3 kali saat malam hari dalam seminggu dan naikan ketika kulitmu sudah bisa mentoleransinya. Dengan cara ini kamu akan semakin membangun toleransi kulit dan akan segera melihat perubahannya. Perubahannya akan terlihat cepat dengan penggunaan retinoid yang tepat, terlihat perubahan pada pengecilan ukuran pori-pori, pigmentasi berkurang, dan kerutan berkurang. Kontraindikasi mutlak penggunaan retinoid adalah kehamilan dan menyusui, sedangkan kontraindikasi relatif misalnya eczema. Ingat selalu untuk mulai dari kosnentrasi kecil. Efek retinoid dapat terlihat dalam 3 bulan penggunaan sehingga jangan terlalu berharap 1-2 minggu dapat mencapai efek yang diinginkan.

Semoga artikel mengenai manfaat vitamin A untuk kulit wajah ini dapat membantumu memilih jenis vitamin A mana yang diperlukan agar dapat selalu tampil cantik. Bila ada pertanyaan dapat menghubungi kami di WA 08997730000 (admin LAITE Skincare)

 

by dr Winfrey Pangestu

 

Baca Juga : Tips Merawat Kulit Wajah Tanpa Harus Boros

LAITE