Tips & Trick Merawat Kulit

Sabun Cuci Muka Untuk Kulit Kering

Sabun Cuci Muka Untuk Kulit Kering laite skincare

Memilih Sabun Cuci Muka Untuk Kulit Kering terkadang sering membuat kita bingung. Lalu Bagaimana cara memilih facial wash berdasarkan jenis kulitmu? Terutama bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering. Pada artikel ini akan terbatas bagaimana memilih facial wash pada tipe kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.

Bila kamu memiliki kulit kering, atau sering disebut dengan kulit mature. Menggunakan cleanser yang keras dapat membuatnya semakin kering. Hindari membersihkan wajah menggunakan air yang terlalu panas, cukup gunakan air dengan suhu biasa. Pilihlan facial wash yang mengandung surfaktan karena bersifat lebih lembut, dan hindari kandungani SLS (Sodium Lauryl Sulfate). Selain itu kamu juga dapat menggunakan facial wash dengan kandugan polysorbate yang berasal dari tanaman sorbitol karena dapat bermanfaat untuk kulit kering. Caprylic acid juga merupakan surfactant yang lembut untuk kulit kering. Cleanser/facial wash sebaiknya mengandung humektan dan pelembab seperti asam hyaluronat. Asam hyaluronat pada facial wash melembabkan kulit tidak menurunkan TEWL (Trans Epidermal Water Loss) dengan cara membuat lapisan pada permukaan kulit, tetapi dengan cara berikatan dengan molekul air agar tetap bertahan lama di permukaan kulit. Ceramide juga dapat bermanfaat, tetapi lebih penting kalian dengan kulit kering lebih fokus pada facial wash, karena ceramide biasanya digunakan dalam bentuk krim atau pelembab. Cleansing oil, milk cleanser, cleansing balm dapat kamu gunakan sebagai double cleansing untuk membersihkan sisa makeup dan sunscreen yang menempel pada kulit wajahmu. Dapat kamu gunakan pada tipe kulit kering.

Sabun Cuci Muka Untuk Kulit Kering laite skincare

Untuk jenis kulit berminyak dan cenderung berjerawat, facial wash yang mengandung asam salisilat, atau benzoyl peroxide (BPO) dapat efektif pada area yang berminyak dan berjerawat. Membersihkan bakteri, minyak, pori-pori secara cepat sehingga tidak masalah bila kamu langsung membilasnya. Selalu hindari membersihkan pada area mata. Jangan terlalu berlebihan membersihkan minyak dari kulit wajah, karena malah dapat membuatnya menjadi kering dan menimbulkan banyak masalah baru.

Untuk kulit sensitif hindari facial wash yang mengandung fragrance karena dapat mengiritasi kulitmu. Hindari juga penggunaan minyak esensial pada kulit sensitif, dan pada kulit dengan rosasea. Kandungan paraben dan turunannya juga sebaiknya kamu hindari karena dapat mengiritasi kulit. Carilah kandungan facial wash yang mengandung aloe vera, soy, dan niacinamide karena dapat membantu mengurangi kemerahan dan radang pada kulitmu (soothing agent). Kulit kombinasi tidak perlu menggunakan facial wash yang spesifik.

Saya tidak merekomendasikan penggunaan miscellar water maupun makeup remover karena dapat menimbulkan residu pada kulit wajah yang dapat menyebabkan masalah kulit pada kebanyakan orang. Oil based double cleansing merupakan pilihan terbaik untuk membersihkan makeup dan sunscreen. Oil cleansing atau milk cleanser tidak akan pernah membuat kulitmu mengalami breakout.

Semoga artikel memilih sabun cuci muka untuk kulit kering ini dapat bermanfaat. Bila ada pertanyaan dapat menghubungi kami di WA 08997730000 (admin LAITE Skincare).

 

Baca juga: mengenal bahan kosmetik dan skincare

LAITE