Informasi Seputar Kulit

Tips Memilih Facial Wash dan Toner untuk Kulit Kombinasi

Tips Memilih Facial Wash dan Toner untuk Kulit Kombinasi LAITE Skincare

 

 

Merawat kulit wajah yang berjenis kombinasi sebenarnya tidak semudah merawat kulit wajah yang berjenis kulit kering dan berminyak. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan jenis kulit kombinasi? Yang dimaksud dengan jenis kulit kombinasi adalah jenis kulit yang memiliki dua jenis kulit sekaligus, yaitu bisa berjenis kulit kering dan sebagian kulit lainnya berjenis kulit berminyak. Oleh karena itu sangat sulit merawat jenis kulit ini karena tidak hanya memiliki satu jenis kulit saja melainkan terdapat dua jenis kulit yang berbeda. Bagaimana memilih facial wash dan toner untuk kulit kombinasi?

Mau tahu bagaimana cara merawat kulit wajah berjenis ini agar kulit wajahmu sehat dan glowing setiap hari? Jika kalian pengen tahu baca artikel ini ya. Kamu bisa memperaktekan cara ini di rumah.

Sudah ga sabar kan? Yuk langsung simak saja tips berikut ini.

Langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk merawat kulit wajah kombinasimu agar wajahmu sehat dan glowing setiap hari.

 

Berikut ini langkah-langkahnya.

 

Tips Memilih Facial Wash dan Toner untuk Kulit Kombinasi LAITE Skincare

  1. Memilih dan menggunakan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu (kombinasi).

Apabila kulit wajahmu berjenis kulit kombinasi, kamu harus mengunakan produk yang cocok untuk jenis kulit kombinasi. Untuk mengetahui apakah kulitmu tergolong kombinasi atau bukan, kamu bisa mengeceknya. Apabila terdapat minyak di daerah dahi, hidung dan dagu (daerah T-zone) tetapi selain daerah tersebut misalnya pipi terasa kering itu berarti kamu memang berjenis kulit wajah kombinasi. Apabila kamu berjenis kulit ini akan sangat sulit menemukan produk yang cocok. Kenapa? Karena akan sulit mengatasi masalah kulit yang dialami dua jenis kulit wajah sekaligus. Lalu bagaimana cara merawat jenis kulit wajah ini? Yang bisa kamu lakukan untuk merawat jenis kulit wajah ini adalah kamu bisa merawat wajahmu menggunakan produk krim yang bisa menghilangkan jerawat. Kamu bisa menggunakan krim jerawat tetapi yang tidak banyak mengandung minyak. Selain itu, kamu bisa menggunakan pelembab wajah yang cocok dengan jenis kulit ini. Dan kamu juga bisa membeli produk lainnya yang dapat mengurangi kadar minyak di daerah dahi, hidung, dan dagu tetapi bisa melembabkan kulit lainnya seperti dapat melembabkan kulit pipi.

 

  1. Pilih pembersih wajah yang cocok untuk jenis kulit wajah kombinasi.

Ketika wajahmu mulai kusam apalagi sudah mulai muncul jerawat, hal yang harus kamu lakukan adalah mencuci wajahmu sampai benar-benar bersih. Karena tidak ada produk yang cocok untuk jenis kulit kombinasi, kamu terpaksa menggunakan produk pembersih wajah yang berbahan dasar oily-based moisturizer atau yang berbahan dasar minyak. Padahal ini tidak dianjurkan. Apabila kita asal dan sembarangan menggunakan produk akan berdampak buruk untuk kulit wajah kita. Misalnya kamu menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung dan berbahan dasar minyak dapat membuat bagian kulit wajahmu yang berjenis kulit kering akan mengalami iritasi. Selain dapat mengiritasi kulit yang berjenis kulit kering, ternyata menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung minyak dapat meningkatkan produksi minyak yang terjadi di daerah zona T-zone (dahi, idung, dan dagu). Lalu menggunakan produk pembersih wajah yang seperti apa yang cocok dengan jenis kulit yang satu ini?

Untuk membersihkan kulit wajah berjenis kulit ini, kamu bisa menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung dan berbahan dasar air karena pembersih wajah yang mengandung air memiliki sifat yang lembut dan cocok dan aman digunakan untuk jenis kulit kombinasi. Kamu bisa menggunakan produk pembersih wajah yang berbentuk krim atau berbentuk gel yang penting mengandung dan berbahan dasar air. Karena pembersih wajah yang berbahan dasar air dapat menghilangkan dan membersihkan segala macam kotoran yang menempel atau menumpuk di kulit wajah.

Selain produk pembersih wajah yang cocok dan tepat, kamu juga harus mencuci wajahmu dengan benar agar masalah kulit yang kamu alami bisa menghilang. Serta dapat membuat kulit wajahmu menjadi glowing dan sehat.

 

  1. Mencuci wajah menggunakan air hangat.

Apabila kamu ingin mencuci wajahmu, sebaiknya kamu menggunakan air hangat untuk mencuci wajahmu ketimbang mencuci wajah menggunakan air dingin. Kenapa harus air hangat? Apabila kamu mencuci wajahmu dengan menggunakan air hangat, suhu hangat yang berasal dari air hangat mampu meluruhkan atau menghilangkan kadar minyak berlebih di daerah zona T-zone.

Selain dapat menghilangkan atau mengurangi kadar minyak yang berlebih, uap panas yang berasal dari air hangat juga bisa membersihkan segala macam kotoran yang menyumbat pori-pori kulit wajah. Oleh karena itu, mencuci wajah dengan menggunakan air hangat sangat cocok untuk jenis kulit wajah kombinasi. Tunggu apalagi yuk rubah cara mencuci wajahmu dengan menggunakan air hangat.

Apabila kamu sudah mencuci wajahmu dengan menggunakan air hangat, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengeringkan wajahmu dengan cara menepuk-nepuk lembut wajahmu dengan menggunakan handuk yang bersih.

Setelah kamu mencuci wajahmu, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menggunakan hydrating serum agar kulitmu terjaga kelembabannya. Menurut para ahli, menggunakan hdydrating serum secara teratur dapat menggurangi kadar minyak berlebih di wajah sehingga bagian kulit wajah yang berjenis minyak dapat tersamarkan.

 

  1. Gunakan toner secara teratur.

Setiap jenis kulit memiliki pH yang berbeda-beda. Untuk menyimbangkan kadar pH kulit, kamu bisa menggunakan toner secara teratur sehabis mencuci wajah.

Menurut para ahli, penggunaan toner secara teratur dapat melembabkan jenis kulit kombinasi agar kondisi kulit dalam keadaan yang sehat. Agar kulit wajahmu dalam keadaan yang sehat, kamu bisa menggunakan toner yang tidak mengandung alkohol (bebas alkohol) agar kulit wajahmu tidak mengalami kekeringan dan mengurangi kadar minyak karena toner mampu mencegah produksi minyak berlebih.

 

  1. Menggunakan tabir surya apabila hendak keluar dan beraktivitas di luar ruangan. Tabir surya ini menjadi pelindung ganda agar kulit dalam keadaan yang lembab dan terhindar dari sinar matahari.

Tahukah kamu, ternyata tabir surya atau yang sering kita sebut sebagai sunscreen tidak hanya bisa melindungi kulit dari jahatnya sinar matahari loh. Ternyata tabir surya atau sunscreen juga bisa melembabkan kulit apalagi kulit yang berjenis kombinasi. Apabila kamu pemiliki jenis kulit wajah kombinasi, kamu bisa menggunakan sunscreen yang terdapat kandungan asam beta hidroksinya. Selain itu kamu juga bisa menggunakan sunscreen yang tidak akan menyumbat ke dalam pori-pori kulit.

Jika penggunaan sunscreen jenis ini menyembabkan kulit wajahmu berminyak, kamu bisa menghentikan penggunaan jenis sunscreen ini dan kamu bisa mulai atau beralih ke penggunaan sunscreen yang berbahan dasar mineral yang memiliki bentuk seperti bedak bubuk.

Selain cara di atas, masih banyak cara merawat kulit wajah kombinasi seperti melakukan eksfoliasi minimal dua kali dalam seminggu, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, merawat kulit wajahmu dengan melakukan clay mask, dan hindari penggunaan produk yang terdapat kandungan alkoholnya.

 

Semoga artikel mengenai Tips Memilih Facial Wash dan Toner untuk Kulit Kombinasi ini dapat bermanfaat. Bila ada pertanyaan dapat menghubungi kami di WA 08997730000 (admin LAITE Skincare).

 

Baca juga Cara Merawat Kulit Kombinasi, Berminyak, Kering, Sensitif, Normal

LAITE