Informasi Seputar Kulit

Tips Menggunakan Tabir Surya Saat Berenang

Tips Melindungi Kulit Saat Berenang Dengan Tabir Surya LAITE Skincare

Salah satu kegiatan yang menyenangkan yang dilakukan pada saat musim liburan atau dilakukan untuk mengisi waktu luang adalah kegiatan berenang.

 

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang bisa disebut juga sebagai olahraga. Olahraga atau kegiatan ini banyak sekali manfaatnya. Salah satu manfaat yang kita rasakan apabila kita rajin melakukan olahraga ini adalah mampu menjaga kesehatan fisik dan mental kita. Dengan begitu fisik dan mental kita dalam keadaan yang baik. Tapi, tahukah kamu apabila kamu keseringan atau terlalu lama melakukan renang akan membuat kulitmu menjadi iritasi, terbakar, bahkan bisa menyebabkan kanker kulit atau yang bisa disebut juga sebagai melanoma. Masalah kulit ini bisa disebabkan karena kulit kita terlalu lama terkena paparan sinar ultraviolet yang berasal dari matahari. Seperti yang telah diketahui, menggunakan tabir surya saat berenang untuk melindungi kulit telah terbukti efektif. Menggunakan tabir surya saat berenang merupakan salah satu cara untuk melindungi kulit, terutama sebelum kamu melakukan olahraga.

 

Berikut ini tips cara melindungi kulit dari paparan ultraviolet yang berasal dari matahari.

 

  1. Berenang di pagi hari atau sore hari saja.

Salah satu tips agar kulitmu terhindar dari paparan sinar ultraviolet matahari adalah melakukan kegiatan renang pada saat sinar matahari sedang tidak terik. Waktu sinar matahari tidak terik adalah pada waktu pagi dan sore hari. Tetapi alangkah baiknya melakukan kegiatan ini pada pagi hari karena pada waktu pagi hari, tubuh kita akan lebih siap dalam melakukan olahraga. Hal ini karena tubuh memiliki energi yang cukup baik. Selain itu, pada sore hari akan terasa lebih sejuk. Apabila kita melakukan olahraga air ini dalam keadaan sejuk akan membuat otot-ototmu dalam keadaan baik. Sehingga bisa melakukan kegiatan ini lebih lama. Sebelum melakukan kegiatan ini disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu ya. Tujuan dilakukan pemanasan adalah agar otot-otot yang kamu miliki tidak kram saat kamu berenang.

 

  1. Memakai tabir surya 20-30 menit sebelum masuk ke dalam kolam renang.

Tips kedua agar kulitmu tidak terkena paparan sinar matahari adalah menggunakan tabir surya. Kamu harus memilih tabir surya yang cocok dengan jenis kulitmu. Jika kamu ingin membeli atau memilih tabir surya, kamu harus melihat dan memerhatikan kandungan SPFnya. Apa itu SPF? SPF adalah singkatan dari Sun Protector Factor.

 

Apabila kamu ingin melakukan renang kamu bisa menggunakan SPF atau tabir surya ini 20-30 menit sebelum kamu masuk ke dalam kolam renang. Kebanyakan orang memakai SPF atau tabir surya ini setelah ia mengunakan pakaian renang dan langsung masuk ke dalam kolam renang. Padahal cara menggunakan SPF atau tabir surya sebelum renang yang benar adalah 20-30 menit sebelum melakukan renang. Kamu bisa mengoleskan SPF ke semua bagian tubuh kamu walaupun bagian tubuh yang kamu miliki tertutup baju renang. Jangan sampai ada bagian tubuh yang terlewatkan ya.

 

  1. Memakai tabir surya untuk melindungi kulit atau SPF setiap 40-80 menit sekali saat berenang.

Tips ketiga masih sama yaitu menggunakan tabir surya atau SPF. Yang membedakan hanya waktu penggunaannya saja. Tips ketiga ini menggunakan SPF atau tabir surya selama 40-80 menit. Hal ini karena kandungan di dalam SPF atau tabir surya yang ada di dalam produk SPF semakin lama semakin menurun. Hal ini karena dipengaruhi waktu dan air. Untuk itu kamu harus memakai dan menggunakan SPF atau tabir surya lagi akan kulitmu benar-benar terlindungi. Gunakan SPF atau tabir surya setiap 40-80 menit. Kenapa harus 40 sampai 80 menit sekali? Karena tabir surya atau SPF yang berjenis water resistant hanya mampu melindungi kulit selama 40 menit. Sedangakan jenis SPF yang berjenis waterproof bisa melindungi tubuh hingga 80 menit lamanya. Untuk itu kamu disarankan menggunakan SPF atau tabir surya selama 40-80 menit.

Tips Melindungi Kulit Saat Berenang Dengan Tabir Surya LAITE Skincare

 

  1. Memakai baju renang yang UV-protective atau baju renang yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari.

Tips berikutnya untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari adalah kamu bisa menggunakan baju renang yang UV-protective atau baju renang yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Kini banyak sekali pakaian atau baju renang yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Sebenarnya pakaian apa saja bisa melindungi tubuh dan kulitmu dari paparan sinar matahari apabila baju yang kamu gunakan tertutup dan memiliki jahitan yang sangat rapat. Apabila baju yang kamu gunakan memiliki jahitan yang rapat akan meminimalisir atau mengurangi resiko kulit terkena paparan sinar matahari.

Cara mengetahui apakah pakaian renang yang kamu gunakan dapat melindungi kulitmu dari paparan sianar matahari adalah kamu bisa memeriksanya dengan cara mengenai sinar secara berlawanan. Jika pakaian itu tembus cahaya maka pakaian renangmu tidak dapat melindungi tubuhmu dari paparan sinar matahari.

 

  1. Menghindari kolam renang yang penuh kandungan klorin.

Tips selanjutnya adalah memilih dan berenang di kolam renang yang sedikit kandungan klorinnya. Apabila kamu berenang di kolam renang yang mengandung klorin yang banyak akan membuat matamu perih dan memerah. Selain itu akan membuat kulitmu menjadi kering bahkan bisa menimbulkan iritasi yang cukup parah. Menurut para ahli, klorin dapat melunturkan kandungan-kandungan pelindung sinar matahari yang kamu pakai. Klorin yang berasal dari kolam berenang akan menghapus dan menghilangkan kandungan pelindung yang berasal dari tabir surya atau SPF yang kamu gunakan. Apabila kandungan yang berasal dari SPF atau tabir surya yang kamu gunakan luntur, radikal bebas seperti sinar matahari yang dapat merusak kulit akan mudah menyerang untuk merusak kulit. Jadi, untuk mengurangi resiko ini usahakan kamu berenang di kolam renang yang sedikit klorin.

 

  1. Jika sudah berenang segeralah mandi.

Jika kamu sudah selesai berenangnya, hal yang harus kamu lakukan adalah bergegas mandi. Hal ini untuk menghilangkan kandungan kalorin yang menempel di pakaian renang dan tubuhmu. Cara menghilangkan klorin bisa dilakukan dengan cara membilas semua anggota tubuh serta rambut dengan menggunakan air yang hangat. Dan jangan lupa gunakan sabun dan shampoo agar klorin benar-benar bersih. Jika sudah selesai mandi segera gunakan pelembab kulit agar kulitmu tidak mengalami kekeringan.

 

  1. Memakai dan menggunakan serum yang mengandung vitamin C.

Jika kamu telah menggunakan pelembab tetapi kulitmu masih terasa kering kamu bisa mengatasi masalah itu dengan mencampurkan serum yang mengandung vitamin C dengan pembersih wajah. kemudian kamu bisa merawat kulitmu dengan bahan ini.

 

Itulah cara merawat kulit ketika kamu ingin melakukan kegiatan renang. Semoga bermanfaat.

 

Semoga artikel mengenai Tips Melindungi Kulit Saat Berenang Dengan Tabir Surya ini dapat bermanfaat. Bila ada pertanyaan dapat menghubungi kami di WA 08997730000 (admin LAITE Skincare).

 

Baca juga Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

LAITE